Skip to main content

CARA AGAR ANAK SUKA MEMBACA


Ilustrasi Anak BelajarApakah anak Anda sering terlihat malas saat membuka lembar demi lembar buku pelajaran sekolah? Atau ketika diberikan buku cerita, ia tak antusias membaca?

Membaca bagi sebagian anak bisa menjadi aktivitas yang membosankan. Anak-anak biasanya lebih memilih bermain di luar bersama teman atau bermain video game.
Tapi tenang, Anda tak perlu panik menghadapi situasi tersebut, Moms.
Membaca memang bisa membantunya belajar di sekolah. Tapi Anda tak perlu buru-buru memaksanya rajin membaca. Hal tersebut justru bisa berdampak buruk dan membuat anak semakin benci membaca. 
Nah Moms, agar anak suka membaca buku, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan seperti ditulis Amy Mascott dalam What to Do When Your Child Hates Reading berikut ini: 
Minat Anak
 Ilustrasi anak sedang belajar memasak
Mulailah cari tahu minat dan kesukaan anak, Moms. Jika ia suka berbagai hal tentang makanan misalnya, Anda bisa mulai dengan memasak bersamanya.
Pancing ia untuk melihat menu sambil menikmati aktivitas memasak. Lakukan perlahan dan bertahap, hingga ia tidak merasa terpaksa lagi membaca. 
Langkah Kecil
com-Buku
Anda bisa menggugah keinginannya membaca dengan beragam aktivitas yang biasa ia lakukan sehari-hari. Ketika anak Anda suka bermain bola misalnya. Anda bisa mengajaknya membaca berita terbaru tentang klub favoritnya. 
Metode shared reading
 Membaca  buku untuk mengalihkan perhatian anak
Setelah mendongengkan anak cerita favoritnya, Anda bisa mengajaknya diskusi. Sesekali Anda bisa mengajak anak mengeja buku cerita. Kemudian, memancingnya mengungkapkan pendapat.
Awalnya, mungkin anak menolak dan hanya mau mendengar cerita. Tapi jangan patah semangat, Moms. Tetap buat aktivitas membaca menyenangkan dan jangan buat ia merasa terbebani. 
semoga bermanfaat :)
Sumber : https://kumparan.com/@kumparanmom/cara-agar-anak-suka-membaca?ref=rel

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH MEMBACA KRITIS

BAB I PENDAHULUAN A.       Latar Belakang Masalah        Banyak yang dapat diperoleh dari kegiatan membaca kritis, dengan membaca dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Dengan bertambahnya wawasan ilmu pengetahuan yang dimiliki, akan menjadikan manusia sebagai insan yang pandai dan juga menambah kualitas pribadi manusia itu sendiri. Terutama bagi para mahasiswa sebagai agen pembawa perubahan yang dituntut memiliki wawasan yang luas untuk dapat diterapakan dalam berbagai kepentingan, salah satunya yaitu untuk memenuhi tugas mata kuliah.               Namun sayangnya minat membaca masyarakat Indonesia sangatlah kurang. Hasil penelitian Programme for International Student Assessment (PISA) menyebut, budaya membaca masyarakat Indonesia pada 2012 terburuk kedua dari 65 negara yang diteliti di dunia. Indonesia menempati urutan ke 64 dari 65 negara tersebut . Dan juga berdasarkan survei UNESCO minat baca masyarakat Indonesia baru 0,001 persen. Artinya, dalam

Kuliah Sambil Mondok?

APA BISA KULIAH SAMBIL MONDOK ? baca dulu cerita gue ini ! Assalamualikum Wr.Wb. Kalian pasti mendengar kehidupan di pondok itu banyak susahnya, banyak dukanya, banyak yang bikin gak enak pokoknya. Apalagi ini udah kuliah sambil mondok emang bisa? gak capek apa? gak salah keputusan lo? nanti gimana ngatur waktunya? nanti banyak aturan-aturannya ya? eitsss.. baca dulu cerita di bawah ini baru nanti simpulkan sendiri kehidupan pondok gak se serem yang kalian pikirkan kok guys :) kenalan dulu yuks pondok pesantren gue bernama PONDOK PESANTREN PELAJAR DAN MAHASISWA BAITUL MAKMUR di Surabaya. Untuk alamatnya ketik aja di google nama pondok gue nanti ada websitenya kok wkwk atau kalian bisa cek instagram kami di @pppm_bm.  Ini teman-teman satu asrama gue.   Asrama Vilbar. Loc : Halaman Depan Antlantis Land, Kenjeran, Surabaya.   Disini gue bakal ceritakan kehidupan anak mahasantri (mahasiswa santri). Pagi sampai sore jadi mahasiswa , sore sampai pagi jadi santri.  Bayangin keren

TIPS MENJAGA MATA TETAP SEHAT MESKI MENATAP LAYAR BERJAM-JAM

  Bagi kamu yang sering berada di depan laptop, komputer atau smartphone karena kerjaan, tugas, maupun alasan lain, tentunya kamu sering menemui masalah mata berarir, merah, dan lelah. Hal ini terjadi akibat radiasi  blue light  yang dipancarkan oleh layar perangkat elektronikmu. Apabila hal ini terus terjadi, bisa saja mata kamu menjadi sakit bahkan parahnya mengalami gangguan penglihatan. Namun kamu tidak perlu khawatir, berikut 5 tips agar mata kamu tetap sehat walaupun sering berada di depan laptop. Yuk cek tips selengkapnya di bawah ini. 1. Atur tingkat kecerahan perangkatmu Kamu bisa menyesuaikan tingkat kecerahan layar perangkatmu sesuai dengan lingkungan sekitarmu. Usahakan jangan terlalu terang atau malah terlalu gelap. Pastikan jika tingkat kecerahan perangkatmu nyaman untuk mata. Jika kamu kurang yakin, kamu bisa mengaktifkan fitur sensor cahaya di smartphonemu yang bisa menyesuaikan  brightness  layar smartphonemu dengan cepat sesuai dengan kondisi cahaya